Minggu, 27 Februari 2011

7 Camilan Sehatkan Jantung

NGEMILbisa menyehatkan jantung lho. Kok bisa? Kuncinya terletak pada pilihan camilan yang Anda konsumsi.

Simak beberapa makanan terbaik yang Anda harus kudap demi kesehatan jantung. Berikut dipaparkan ahli gizi Paula Simpson BASc RNCP, seperti dilansir dari Realbeuaty.

Kenari
Kenari dan ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 yang terbukti mengurangi risiko penyakit jantung, bahkan serangan jantung, serta mengurangi jerawat dan peradangan. Hanya dengan makan 1-2 porsi sepekan, Anda menurunkan tekanan darah dan meningkatkan imunitas.



Buah dan sayur
Buah-buahan, sayuran, dan gandum adalah tiket untuk diet sehat. Dengan memprioritaskan pilihan biji-bijian di atas makanan olahan berwarna putih (yang biasanya melepaskan zat besi dan vitamin B), Anda dapat menurunkan kolesterol dan mendukung fungsi jantung tetap sehat.

Paula Simpson merekomendasikan 30 gram serat sehari. Tetapi, mulai perlahan-lahan dan pastikan untuk minum banyak cairan saat Anda meningkatkan asupan serat agar lebih mudah dicerna.

Oatmeal
Semangkuk oatmeal di pagi hari akan menimbun asam lemak omega-3, serat, dan kalium untuk tubuh Anda. Oatmel juga terbukti menjaga arteri tetap bersih dan menurunkan kolesterol.

Bumbu dan herbal
Jahe, teh hijau, kakao, cabe, dan kayu manis tidak hanya lezat untuk penyedap rasa, Paula mengatakan bahwa bumbu ini juga mengandung sifat anti-inflamasi yang manjur untuk membantu keseimbangan gula darah. Campurkan bumbu dan herbal tersebut ke dalam teh atau makanan favorit Anda untuk menuai keuntungan jantung sehat.

Legum
Makanan tinggi serat lainnya, termasuk kacang, buncis, kacang hitam, dan kacang merah yang mengandung kalsium dan asam lemak omega-3.

Edamame
Protein kedelai, ditemukan dalam edamame dan tahu, terus meningkat popularitasnya dalam menurunkan trigliserida (lemak yang terdapat pada kebanyakan makanan serta tubuh) dan penurunan penyakit kardiovaskuler. Paula merekomendasikan kedelai karena dianggap sebagai protein berkualitas tinggi yang mengandung serat, vitamin, dan mineral.

Blueberry
Buah berwarna pekat ini mengandung antioksidan yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Blueberry membantu mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker, selain nikmat dimakan.


(ftr)
Sumber: www.lifestyle.okezone.com

0 komentar:

Poskan Komentar