www.toko-alkes.com

Sabtu, 12 Januari 2013

Waspadai 5 Gejala Penyakit Wanita Ini


shutterstock

 - Tak ada yang mengenal tubuh kita selain kita sendiri. Karena itu Anda seharusnya menjadi orang pertama yang bisa mengenali adanya perubahan sekecil apa pun itu. Pengetahuan tersebut mungkin bisa menyelamatkan nyawa Anda.

Pemeriksaan payudara sendiri barangkali merupakan cek kesehatan yang menjadi hal wajib yang wanita lakukan setiap bulan. Namun, banyak cara dilakukan tubuh untuk memberi tahu adanya gejala penyakit. Bahkan, lewat perubahan yang sangat kecil, seperti lewat kuku atau kelopak mata.

1. Flek darah

Kebanyakan wanita menganggap flek darah yang tidak normal disebabkan karena stres. Padahal, endometriosis, fibroid rahim (pertumbuhan non kanker di dinding rahim), bahkan kanker serviks, juga memiliki gejala yang sama.

Pada stadium yang lanjut, kanker serviks bahkan bisa menyebabkan perdarahan antara siklus menstruasi, setelah berhubungan seks, dan setelah menopause.

Karena itu jangan abaikan munculnya flek darah atau perdarahan di luar masa menstruasi. Periksakan pada dokter kandungan. Meski bisa juga disebabkan karena kontrasepsi yang tidak cocok, tak ada salahnya bersikap waspada.

2. Garis hitam di kuku

Tahi lalat yang membesar bukan cuma satu-satunya tanda kanker kulit. Penyakit ini juga bisa berkembang di bawah kuku. Kuku yang tampak kekuningan, cokelat, atau bergaris kehitaman bisa menjadi tanda kerusakan sel, mungkin disebabkan oleh melanoma, jenis kanker kulit yang ganas.

Jangan tunda untuk memeriksakan diri ke dokter jika menemui tanda tersebut. Kabar baiknya, dengan deteksi dini dan perubahan yang terlokalisasi, kemungkinan penyakit ini disembuhkan mencapai 98 persen.

3. Berjerawat dan tumbuh rambut di wajah

Itu merupakan gejala gangguan hormon yang disebut dengan sindrom polisistik ovari. Kondisi ini ditandai oleh resistensi insulin, haid tak lancar, serta produksi hormon seks pria yang berlebihan. Akibatnya Anda akan mengalami kulit berminyak, berjerawat, dan tumbuhnya rambut di wajah, perut, dada, punggung, atau kaki.

4. Warna gelap di ketiak

Warna ketiak yang gelap bisa menjadi gejala peningkatan kadar gula darah atau diabetes. Kelebihan insulin dalam peredaran darah bisa menyebabkan sel-sel kulit bertambah dengan sangat cepat sehingga terjadi timbunan di jaringan dan melamin. Kondisi itu menyebabkan area kulit di bawah ketiak, terkadang di sekitar leher belakang, menghitam.

Pastikan dengan melakukan tes darah untuk mengukur kadar gula darah Anda. Terlebih jika Anda kegemukan atau memiliki riwayat diabetes dalam keluarga.

5. Benjolan kecil di kelopak mata

Perhatikan apakah di kelopak mata Anda tampak benjolan kecil yang tampak berwarna keputihan dan lunak. Itu mungkin pertanda adanya deposit kolesterol di bawah kulit. Jika sudah tampak benjolan di kelopak mata mungkin kadar kolesterol Anda sudah meroket melebihi normal. Sekali lagi, pastikan dengan melakukan pemeriksaan sampel darah.

http://www.toko-alkes.com/

0 komentar:

Poskan Komentar